1
Indonesia Punya Satu Juta Blogger


KOMPAS.com - Tahun ini pengguna internet di Indonesia diperkirakan mencapai 30 juta orang. Yang mengejutkan, 1 juta di antaranya adalah blogger. Padahal tahun 2008 baru 600.000 blogger.

"Blogger di Indonesia sudah menjadi media ekspresi yang tidak bisa dipandang remeh. Politikus dan pebisnis sudah membina hubungan dengan blogger," ungkap Iman Brotoseno, Ketua Panitia Pesta Blogger 2009 saat jumpa pers di Departemen Komunikasi dan Informasi (Depkominfo) Jakarta, Selasa (14/7).

Tahun ini Pesta Blogger yang akan digelar pada 24 Oktober 2009 mengusung tema One Spirit One Nation. Dengan berakhirnya pemilu, kini saatnya untuk memulihkan diri dan melakukan konsolidasi, sehingga kita bisa maju bersama-sama sebagai satu kekuatan.

"Inilah mengapa kami mengusung tema one spirit one nation pada pesta blogger tahun ini," ungkapnya.

Yang berbeda pada Pesta Blogger tahun ini adalah diadakannya blogshops (blogging shops) yang akan berlangsung di 10 kota besar yakni Malang, Semarang, Bandung, Balikpapan, Samarinda, Makassar, Surabaya, Medan, Palembang, Yogyakarta. "Puncaknya akan dilaksanakan di Jakarta," papar Iman.

Menurut Iman, Blogshop diadakan untuk menjawab kritik bahwa Pesta Blogger hanya untuk orang Jakarta. Selain itu, tambah Iman, diadakannya Blogshop untuk mendorong lebih banyak masyarakat Indonesia terlibat aktivitas blogging dan untuk melakukannya secara bertanggungjawab, konstruktif, kritis dan denagn kesadaran sosial yang tinggi.

Pesta Blogger merupakan ajang temu nasional blogger yang kali pertama digelar tanggal 27 Oktober 2007, sebagai saranan untuk menyediakan forum bagi para blogger di Indonesia untuk bertemu muka langsung, bertukar informasi, berdiskusi, serta memperluas jaringa. Pada penyelenggaraan pertama pesta blogger itu, Menteri Menkominfo Muhammad Nuh menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.


1 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com