2
Modifikasi Shortcut di Menu Konteks

Anda pasti pernah menjumpai aplikasi yang menyertakan shortcut aplikasinya di menu konteks. Lihat saja Winamp atau Windows Media Player. Mereka sengaja memasang shortcut di menu konteks agar akses ke suatu program jadi lebih cepat.


Bagaimana cara membuat shortcut seperti itu? Ya pakai saja registri. Ini caranya:
1. Buka jendela Registry Editor dengan mengetikkan “regedit” di menu Start.
2. Masuklah ke sub key “HKEY_CLASSES_ROOT-*-shell”.
3. Klik kanan di direktori shell, lalu, dari context menu, pilih “New” diikuti dengan “Key”. Sebuah direktori baru akan dibuat dan Anda dapat mengubah namanya sesuai keinginan. Nama direktori ini yang nantinya akan ditayangkan saat menu konteks ditampilkan. Misalkan nama direktorinya “hiburan”.
4. Dengan cara yang sama, buat direktori baru di dalam direktori hiburan. Berikan nama “Command” untuk direktori baru ini. Klik direktori “Command”, lalu klik ganda binary data dengan nama (Default) yang terdapat di sebelah kanan. Setelah boks “Edit String” tampil, isi lokasi (Path) aplikasinya secara lengkap beserta nama aplikasi, formatnya, dan “%1”. Kode “%1” tersebut sifatnya opsional dan berfungsi untuk menjalankan aplikasi secara otomatis. Misalkan lokasinya diisi dengan C:-Program Files-Winamp-winamp.exe “%1”.
5. Sekarang waktunya untuk menuai hasil. Sesuai contoh aplikasi di atas, coba klik kanan di file dengan format MP3. Shortcut hiburan akan ditampilkan di menu konteks. Klik shortcut tersebut dan file MP3 yang Anda pilih akan segera dimainkan.

Untuk menghapus menu konteks yang baru saja dibuat, Anda cukup kembali ke sub key “HKEY_CLASSES_ROOT-*-shell”, lalu hapus segala key yang pernah Anda buat.

2 komentar :

Anonim mengatakan... [Reply to comment]

bookmarked!!, I love your blog!

Feel free to visit my blog post; http://bestwoocommercethemes.blogspot.com/2014/05/is-wordpresswoocomerce-combo-good.html

Anonim mengatakan... [Reply to comment]

It's only when they stop lifting weights, notice that you need to use resistance
training program to give you amazing muscle building.
Buy only the lean muscular body that you just want to look at what supplements to increase and sustain the bodybuilding.
They have a step-by-step sound training science and
not in weight, so don't move the weight and gaining muscle as
well. Don't bodybuilding dumbbells go overboard and end
up with your P.

Also visit my homepage: bodybuilding protein

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com