3
Melacak Jejak Virus di Registry

.
Virus dan Safe Mode

Windows biasanya akan diperlengkapi dengan modus safe mode. Dimaksudkan agar pemakai dapat memperbaiki Windows jika terjadi suatu musibah. Windows safe mode sebetulnya tidak lebih dari Windows yang dijalankan dengan driver standar! Sehingga jika terjadi kerewelan pada driverdriver non-standar Windows yang membuat Windows modus standar gagal dijalankan, maka Windows modus standar dapat dipulihkan lagi dengan cara masuk ke modus safe mode. Pada saat dalam modus safe mode inilah, pemakai
berkesempatan untuk melakukan eliminasi pada drive non-standar yang bermasalah
tersebut. Dengan cara ini, Windows yang rusak akan menjadi normal kembali.

Melihat fungsinya, tentu saja, modus safe mode ini, juga merupakan ancaman
bagi kelangsungan hidup virus atau program-program yang suka membuat
masalah. Oleh karena itu, modus safe mode ini juga merupakan target
utama program virus. Artinya, virus akan berusaha memanipulasi modus safe
mode atau bahkan menggagalkan fungsinya!

Bagaimana masuk ke modus safe mode?

Lakukan booting ulang komputer. Pada saat proses booting dimulai, tekanlah tombol F8 secara cepat dan berulangkali. Sehingga muncul menu boot Windows. Pilihlah Safe Mode, maka proses akan berjalan hingga akhirnya menampilkan pilihan user yang harus digunakan untuk masuk ke Windows safe mode. Pada Windows XP, biasanya akan muncul account Administrator dan account yang kita punya. Pilihlah user Account yang biasa
kita pakai. Setelah itu biasanya kita akan ditanya, apakah akan masuk ke modus Safe mode ataukah kita akan memakai fasilitas system restore Windows. Klik Yes, maka
kita akan masuk ke mode Windows safe mode. Artinya, Windows akan aktif dengan perangkat apa adanya (standar minimalnya).

1 Aktif dalam Safe Mode
Ada subkey registry Windows yang berguna untuk menjalankan suatu program secara otomatis saat Windows dihidupkan. Jadi, jika kita ingin agar suatu file executable aktif saat Windows dihidupkan, maka kita harus menulisi subkey autorun ini dengan suatu nama value yang berisi data yang menyebutkan bahwa file X.EXE adalah file yang harus dieksekusi. X di sini mewakili sembarang nama file EXE.

Tools standar milik Windows untuk memeriksa konfigurasi autorun adalah program System Configuration Utility atau lebih dikenal dengan nama msconfig karena file pengaktif program tersebut bernama msconfig.exe. Untuk memanggilnya, dilakukan via perintah Run dari menu Start. Klik Start - pilih Run dan ketikkan msconfig. Tekan Enter atau klik OK.

Jendela System Configuration Utility akan muncul dan terlihat beberapa tab. Salah satunya tab Startup. Tab tersebut berguna untuk melihat program apa saja yang akan dijalankan oleh Windows pada saat Windows diaktifkan. Virus biasanya akan memblokir penggunaan program ini. Entah itu dengan mematikan pilihan Run atau memonitor caption (judul/nama) jendela program yang sedang aktif. Jika caption program yang sedang aktif adalah sama dengan caption yang telah ditargetkan oleh virus, secara otomatis virus akan segera menutupnya atau mungkin melakukan booting ulang.

Mengapa saat suatu virus aktif, dan kita memanggil msconfig, tiba-tiba jendela program msconfig menutup dengan sendirinya. Atau mungkin, tiba-tiba, komputer melakukan booting ulang…???
Pada tab Startup, akan terlihat kolom Startup item, yang menunjukkan nama item yang akan dijalankan saat Windows diaktifkan. Juga kolom command, yang biasanya berisi program yang diaktifkan plus parameternya jika ada. Sedangkan kolom Location, menunjukkan lokasi subkey (syaraf) registry yang menyimpan setting data ini. Pada contoh terlihat, nama SMTray ternyata adalah milik program yang bernama SMTray.exe dan berada di folder d:\Program Files\Analog Devices\SoundMAX.

Virus biasanya akan membuat suatu nilai di sini, agar file yang memicu pengaktif
programnya dijalankan saat booting Windows terjadi sehingga penelitian di bagian ini amat penting untuk dilakukan. Celakanya lagi, virus-virus sekarang memasangkan nama itemnya dengan nama yang “berbau-bau” nama file sistem Windows. Hal ini untuk mengelabui pemakai yang memeriksanya. Misalnya, dengan nama windows.exe, svc0host.exe, rundlll.exe dan lain sebagainya.

Jika kita sudah menemukan item yang kita curigai, hilangkan tanda centang yang ada di depan startup item. Jika tidak dicentang, artinya item tersebut tidak akan dijalankan saat booting dilakukan. Sebaliknya, jika dicentang, maka akan dijalankan. Setelah kita melakukan proses centang atau un-centang. klik OK dan lakukan booting ulang agar proses pengubahan menjadi aktif. Tools standar milik Windows lainnya yang dapat dipakai untuk memeriksa konfigurasi autorun registry adalah program Registry Editor. Untuk memanggilnya, dilakukan via perintah Run dari menu Start. Klik Start - pilih Run dan ketikkan regedit. Tekan Enter atau klik OK.
Program registry editor akan tampil. Pergilah ke lokasi:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersio
n\Run Klik ganda berulangkali pada subkey yang terlihat sehingga lokasi tersebut

Pada subkey Run inilah biasanya virus akan menuliskan nama value baru untuk
mengaktifkan program virus. Untuk menghapus data yang ada, klik nama value dan tekan DEL.

Lokasi-lokasi lain yang perlu kita periksa dalam rangka autorun registry ini
adalah:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
Once
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
OnceEx
HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run

Jika ditemukan nama value yang menurut Anda aneh, hapus saja. Dari beberapa subkey di atas, ada satu subkey yang cukup istimewa. Yaitu subkey RunOnce. Berbeda dengan subkey Run yang akan selalu menjalankan program yang ada di dalamnya setiap kali Windows dihidupkan, subkey RunOnce ini biasanya dipakai untuk menjalankan satu program sebanyak satu kali saja! Jadi, subkey ini biasanya dipakai oleh suatu program untuk mengaktifkan prosesnya sebanyak satu kali saja sehingga nama value yang dituliskan di sini hanya akan berlaku satu kali saja. Setelah dijalankan, nama value tersebut akan dihapus.

Jika pembuat virus cukup nakal, ia akan membuat program virus untuk menuliskan
pengaktifnya di subkey ini. Jadi, virus akan aktif saat komputer dihidupkan.
Program akan dijalankan dan nama value pemicu akan dihapus. Maka ia tidak meninggalkan jejak di msconfig. Selang beberapa waktu saat virus aktif, ia akan membuat program timer yang secara berkala menulis ulang nama value di subkey tersebut. Atau mungkin virus hanya akan menuliskan data pada subkey RunOnce saat komputer akan di-log off. Dengan cara tersebut, virus akan terjaga eksistensinya. Lumayan cerdik ‘khan?
Tapi…. ada yang lebih gila lagi…☺ dengan bantuan subkey RunOnce ini, virus akan tetap dapat hidup biarpun Windows dijalankan di modus SAFE MODE!
Caranya? Sederhana saja! Yaitu dengan menambahkan satu karakter tertentu pada nama value tersebut, maka virus akan dapat berjalan pada safe mode.
Karakter apakah itu? Saya tidak akan memberi tahu Sampeyan..
ndak ding… nanti saya dipikir tukang menyembunyikan ilmu lagi.
Kita langsung praktek saja ya? Panggil Regedit dan pergi ke subkey:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Run
Once
Kita buat suatu nama value yang bernama COBA. Nama value ini misalnya
akan memanggil file virus yang bernama VIRUSKU.EXE.

Klik kanan subkey Runonce. Menu konteks akan muncul, pilih New, pilih
String Value.

Suatu subkey baru akan muncul. Kita ganti nama value tersebut dengan data
COBA. Ketik COBA dan tekan Enter.

Klik ganda nama value tersebut dan kita isi datanya dengan
c:\windows\virusku.exe. Lalu klik OK

Jika benar dalam melakukannya, kita akan memiliki nama value COBA dengan jenis string dan mempunyai data c:\windows\virusku.exe. Artinya, saat nanti Windows dihidupkan, file VIRUSKU.EXE akan ikut dijalankan!

Nah! Sekarang, bagaimana caranya agar nama value tersebut tetap akan dijalankan biarpun Windows dimasukkan dalam modus SAFE MODE?
Gampang! Cukup tambahkan karakter * (asterisks) di depan nama value tersebut.
Artinya, nama COBA kita ganti dengan nama *COBA.

#Jika tidak percaya, lakukan booting dan masuklah dalam modus SAFE MODE. Saharusnya file dengan nama VIRUSKU.EXE akan tetap dijalankan oleh Windows. Jika yang kita pasangkan file tersebut adalah file virus beneran, maka akibatnya akan cukup fatal. Virus tetap akan hadir di memory biarpun kita telah memakai modus SAFE MODE. Biarpun trik ini kelihatannya sederhana, tapi cukup berbahaya jika dipakai. Karena sesudah data tersebut dijalankan, maka data yang dijalankan tersebut akan dihapus oleh Windows. Sehingga akan mempersulit pelacakan sumber masalahnya. Take care…!

#Jika virus tetap saja aktif biarpun kita sudah masuk ke modus safe mode, periksalah subkey RunOnce secara berulang kali. Siapa tahu virus tidak memakai teknik shell
spawn, tapi mengandalkan subkey Runonce. Teknik Runonce ini, masih jarang dilakukan oleh virus. Jadi, hukumnya wajib dipasangkan! Semakin banyak manipulasi yang dapat membuat virus aktif, maka akan semakin sukses virus tersebut bertahan hidup.

2 Alternate Shell Safe Mode
Virus biasanya tidak akan dapat aktif bila kita masuk ke safe mode. Itu biasanya!
Pada perkembangannya, virus ternyata juga sudah mulai melebarkan sayapnya, mencekal (cegah dan tangkal.. ☺) beberapa penanganan safe mode dengan memasangkan pemicu filenya pada beberapa subkey registry. Dengan cara ini, virus akan tetap dijalankan dan mencegah pemakai untuk masuk ke modus SAFE mode!

Jadi, trik ini akan menggenapi trik pertama tadi… ☺ menambah ruwetnya
pematian virus. Hehehe… ndak pa pa malahan tambah asyik khan?
Lokasi subkey registry yang diserang adalah:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet001\Control\SafeBoot

Pada subkey SafeBoot ini akan terdapat suatu nama value yang bernama AlternateShell. Dengan jenis datanya adalah string. Kita lihat isian standarnya adalah CMD.EXE. Jika tidak berisi data tersebut, ada kemungkinan file yang ada di situ adalah file virus. Waspadalah! Misalkan hal itu terjadi, klik ganda nama value tersebut dan pada isian Value data ubahlah menjadi berisi CMD.EXE. Klik OK.

Yang perlu mendapat perhatian! Virus umumnya juga akan menyerang subkeysubkey
yang sejenis. Artinya begini… virus juga akan menyerang lokasi registry lain yang menyimpan data-data SafeBoot, biasanya memang terdapat lebih dari satu kontrol ini. Lokasi lain yang diserang adalah:
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet002\Control\SafeBoot
HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\ControlSet003\Control\SafeBoot
Jadi, bergantung pada komputer tersebut mempunyai berapa subkey
ControlSet00X. X di sini mewakili angka 1, 2, dan seterusnya. Dengan diubahnya data pada nama value AlternateShell, maka biasanya komputer akan gagal masuk ke SAFE MODE, malahan menjalankan file virus!

Jika virus menyerang dan kita gagal masuk ke modus safe mode, maka subkey-subkey alternate shell ini wajib kita periksa. Jika isi datanya aneh, tidak standar, maka ubahlah isiannya dengan CMD.EXE.

Biarpun manipulasi ini terkesan kasar dan kejam, namun apa boleh buat, pencegatan masuk ke safe mode ini, wajib dilakukan. Karena akan membuat virus lebih aman dan
terjaga eksistensinya!


Bookmark and Share




3 komentar :

Anonim mengatakan... [Reply to comment]

wadoooh bos, Dari atas sampe bawah kalimat, nggak satupun ngasih cara nangkalnya...piye toh !

Anonim mengatakan... [Reply to comment]

Woѡ thаt was strange. I just wrߋtе an very long comment but after
I clicked submit my comment didn't appear. Grrrr...
well I'm not writing all that over again. Regardless, jսst wɑnted to
say excellent blog!

Feel free to surf to my weƅ page - removal london

Anonim mengatakan... [Reply to comment]

In part 2, I will cover what you will need to know and say about the all important phone call.
What the CPA companies want to basically know is your internet experience and how you are going to send traffic to the CPA offer.
Keep all receipts for all supplies you purchase for your
business.

Feel free to visit my web blog; john costello boca raton cpa firm

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com