1
9 Sikap Mental dan Mindset Blogger Sukses

Dalam artikel kali ini saya ingin sekedar berbagi tentang sikap mental dan mindset yang WAJIB Anda miliki untuk menjadi blogger sukses yaitu sebagai berikut:

1. Berani Bermimpi Besar
Segala sesuatu dimulai dari impian. Beranilah bermimpi besar. Impian besar akan menggerakkan dan menarik apapun yang Anda butuhkan untuk mencapai sukses. Jangan takut membayangkan bahwa 10 tahun dari sekarang Anda adalah satu diantara blogger-blogger sukses Indonesia. Saya tahu, banyak blogger yang gamang membayangkan bisa mendapatkan uang jutaan rupiah dari blognya. Tidak sedikit blogger yang selalu menyebut dirinya "newbie" dan takut bermimpi menjadi seorang "master". Sikap mental inferior ini, diakui atau tidak, turut mempengaruhi cara kita berpikir, bereaksi dan bertindak di dunia blogging. Tidak aneh jika kemudian kita hanya mampu menjadi blogger rata-rata, blogger biasa-biasa saja.

Kunci: Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan di dunia blogging, mulailah dengan berani bermimpi besar.

Tips Praktis:
- Tulislah daftar 10 impian sukses untuk blog Anda
- Tulislah target pencapaian blog Anda untuk 1 tahun, 5 tahun dan 10 tahun mendatang
- Tulislah to-do-list aktivitas harian untuk mencapai impian Anda

2. Cintailah Aktivitas Blogging
Cintalah yang menggerakkan Anda untuk melakukan hal-hal yang menurut orang lain boleh jadi tidak masuk akal: menulis tanpa dibayar, membagi ilmu dan tips berharga secara gratis, membalas komentar dan menjawab pertanyaan pembaca blog tanpa pamrih, dan lain-lain. Tanpa cinta, aktivitas blogging yang Anda lakukan hanya akan bertahan dalam hitungan hari, minggu dan bulan. Mencintai aktivitas blogging bisa juga berarti memilih topik yang benar-benar Anda sukai untuk blog Anda. Jangan tergoda menulis sesuatu yang tidak Anda cintai. Jika Anda hobi memancing, misalnya, menulis tentang pengalaman, tips dan trik memancing tentu lebih mudah ketimbang menulis topik yang lain.

Kunci: Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan di dunia blogging, mulailah dengan benar-benar mencintai aktivitas blogging.

Tips Praktis:
- Temukan sesuatu yang benar-benar Anda cintai di dunia blogging (misalnya menulis, mendesain, bercerita, berbagi informasi, berinteraksi, bersosialisasi)
- Temukan 2 topik yang benar-benar Anda sukai sebagai topik blog Anda
- Temukan hobi Anda dan pergunakan sebagai topik blog Anda

3. Lakukan Yang Terbaik
Buat komitmen untuk melakukan dan memberikan yang terbaik. Ketika menulis artikel, menulislah sebaik mungkin. Berikan manfaat terbesar untuk pembaca blog Anda. Ketika membalas komentar, balaslah dengan itikad memberikan bantuan kepada pembaca blog Anda semaksimal mungkin. Bahkan meskipun Anda belum mendapatkan imbalan finansial apapun dari blog Anda, tetaplah berkomitmen melakukan dan memberikan yang terbaik bagi pembaca blog Anda. Dengan sikap mental untuk selalu melakukan yang terbaik ini, saya yakin suatu saat Anda akan menuai hasilnya.

Kunci: Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan di dunia blogging, mulailah dengan membuat komitmen untuk melakukan dan memberikan yang terbaik.

Tips Praktis:
- Tulislah setidaknya 3 artikel pilar terbaik yang bisa Anda tulis di blog Anda
- Balaslah setiap komentar di blog Anda (jika masih memungkinkan)
- Selalu berikan layanan kelas satu terlebih dahulu untuk pembaca blog Anda

4. Tentukan Tujuan Yang Jelas
Apa tujuan Anda menekuni aktivitas blogging? Uang? Ketenaran? Hobi? Berapa penghasilan yang ingin Anda dapatkan dari blog Anda? Satu juta? Lima juta? Sepuluh juta? Kapan Anda ingin mendapatkannya? Tahun ini? Tahun depan? Apapun tujuan Anda, tulislah tujuan Anda di selembar kertas. Tentukan goal target untuk blog Anda. Tentukan juga tenggat waktu untuk mencapainya. Dengan menuliskan tujuan Anda, sekali lagi apapun itu, akan lebih mudah bagi Anda untuk mencapainya.

Kunci: Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan di dunia blogging, mulailah dengan menentukan tujuan yang jelas yang ingin Anda capai.

Tips Praktis:
- Tulislah target 6 bulan mendatang untuk blog Anda (misalnya penghasilan dari blog, jumlah pengunjung, jumlah pelanggan RSS, jumlah komentar, PageRank, Alexa Rank)
- Tentukan setidaknya 3 tujuan utama yang Anda inginkan dari blog Anda
- Breakdown tujuan utama Anda menjadi aktivitas harian untuk mencapainya

5. Terus Belajar
Jangan pernah berhenti belajar. Setiap hari selalu ada hal baru, ide baru, trend baru, penemuan baru. Jika Anda terlalu cepat berpuas diri atau malas mempelajari sesuatu yang baru, jangan terkejut jika hanya dalam hitungan hari Anda akan tertinggal di belakang. Setinggi apapun kesuksesan yang telah Anda raih, sebesar apapun penghasilan dari blog yang telah Anda dapatkan, jangan pernah berhenti belajar.

Kunci: Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan di dunia blogging, teruslah belajar.

Tips Praktis:
- Putuskan untuk berlangganan 5 RSS blog dengan niche yang sama dengan blog Anda
- Luangkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk membaca informasi terbaru di bidang Anda
- Pergilah ke toko buku dan belilah buku terbaik di bidang yang Anda tekuni

6. Bergaul Dengan Teman-Teman Yang Tepat
Tidak ada salahnya berteman dengan siapapun. Namun jika Anda benar-benar ingin mewujudkan impian Anda, mulailah menemukan teman-teman yang mau mendukung Anda. Pasalnya, jika tidak cermat, Anda akan menemukan teman-teman yang bersikap negatif terhadap impian Anda. "Ngeblog bisa dapet duit jutaan itu bohong!" Pernahkah Anda mendengar ungkapan seperti ini? Saya yakin Anda pernah mendengarnya. Karenanya, bergaul dengan teman-teman yang tepat adalah salah satu syarat utama jika Anda ingin mencapai kesuksesan di dunia blogging.

Kunci: Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan di dunia blogging, mulailah dengan bergaul dengan teman-teman yang tepat.

Tips Praktis:
- Bergabunglah dengan forum-forum online yang berkaitan dengan niche blog Anda
- Bangun networking dengan memanfaatkan Facebook, LinkedIn, Twitter dan MyBlogLog
- Ikuti acara-acara offline yang berkaitan dengan niche blog Anda

7. Bersiaplah Untuk Mengalami Kenaikan-Penurunan
Saya pribadi percaya bahwa make money from blogging adalah bisnis. Dan seperti layaknya kebanyakan bisnis yang lain, dalam dunia blogging pun selalu ada siklus kenaikan dan penurunan. Jangan kaget jika penghasilan Anda dari aktivitas blogging TIDAK TETAP. Yang terpenting adalah menyiapkan mindset positif bahwa kenaikan dan penurunan adalah sesuatu yang biasa. Sejauh Anda tidak berhenti, hemat saya, Anda akan baik-baik saja.

Kunci: Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan di dunia blogging, bersiaplah untuk mengalami gelombang naik-turunnya siklus blogging.

Tips Praktis:
- Evaluasilah traffic Anda dan temukan siklus naik-turun di blog Anda
- Tulislah scheduled posts (posting terjadwal) pada waktu-waktu ketika traffic menurun
- Diferensiasikanlah berbagai cara monetisasi untuk blog Anda (misalnya PPC dan affiliasi, paid review dan PPC, TLA dan iklan mandiri)

8. Disiplin Terhadap Diri Sendiri
Saya pribadi percaya bahwa setiap blogger sukses PASTI memiliki disiplin diri yang luar biasa. Kualitas disiplin diri inilah yang membedakan Darren Rowse, Jeremy "Shoemoney" Schoemaker dan John Chow dengan kebanyakan blogger lainnya. Disiplin dirilah yang membuat mereka tetap menulis nyaris SETIAP HARI di blog mereka, meskipun tidak ada seorangpun yang mengharuskan mereka untuk melakukan hal itu. Hanya dengan memiliki disiplin diri yang tinggi Anda bisa benar-benar mengubah impian blog Anda menjadi kenyataan.

Kunci: Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan di dunia blogging, mulailah dengan membangun kualitas disiplin terhadap diri sendiri.

Tips Praktis:
- Buatlah jadwal untuk menulis minimal 3 kali seminggu di blog Anda dan TEPATILAH!
- Periksa target blog Anda dan PASTIKAN Anda melakukan tugas Anda
- Buatlah agenda aktivitas harian untuk blog Anda dan PASTIKAN Anda menyelesaikannya

9. Sabar dan Persisten
Sikap mental terakhir yang tidak kalah pentingnya jika Anda ingin meraih kesuksesan di dunia blogging adalah sabar dan persisten. Banyak blogger yang terlalu tergesa-gesa dan segera ingin meraih impian mereka ketika menekuni aktivitas blogging. Sayangnya, ketika tujuan mereka tidak segera tercapai, mereka terlalu cepat memutuskan untuk berhenti. Padahal, setiap blog sejatinya memiliki potensi dan ukuran kesuksesan yang berbeda-beda. Anda TIDAK PERLU membandingkan blog Anda dengan blog yang lain. Dengan kesabaran dan persistensi, sebenarnya tujuan yang ingin Anda raih di dunia blogging PASTI akan tercapai.

Kunci: Jika Anda ingin mendapatkan kesuksesan di dunia blogging, kembangkanlah kemampuan bersabar dan persisten.

Tips Praktis:
- Catatlah kemunduran yang dialami blog Anda di bulan ini dan analisislah penyebabnya
- Tentukan batas waktu kesuksesan untuk blog Anda (misalnya 5 tahun atau 10 tahun)
- Apapun yang terjadi dengan blog Anda, ingatlah dua hal ini: SABAR dan PERSISTEN

-------------------------------------------------

Bagaimana menurut Anda? Sudahkah Anda memiliki ke-9 sikap mental blogger sukses diatas?

Sumber : www.areros.co.cc

1 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com