2
Mengelola Account Web Hosting


Langkah Persiapan

Baca seluruh isi email yang berisi data login lengkap, dan bila ada bagian yang tidak dipahami, bisa langsung menghubungi bagian support web hosting anda. Di dalam "Welcome Email" bisa anda temukan antara lain: username, password, alamat (URL) akses ke control panel, alamat dan nomor port untuk akses email, dan alamat akses FTP.

Singkatnya, anda sekarang memiliki 3 jenis akses ke account web hosting tersebut, yakni, Control-Panel, FTP, dan Email. Perhatikan bahwa control-panel dan FTP bisa langsung diakses dengan data username + password, tapi untuk email harus dibuat baru nantinya setelah berhasil mengakses (login) ke control panel.

Bila semua telah OK, pastikan koneksi anda ke Internet lancar, misalnya dengan menjalankan web browser (Firefox, Internet Explorer, Opera, dll), dan mencoba memanggil satu atau beberapa situs populer.



Langkah #1: Akses cPanel

Pertama-tama, lakukan akses ke control panel dengan username + password melalui alamat website yang diberikan. Dalam tutorial ini, control-panel dianggap menggunakan aplikasi cPanel yang sangat populer saat ini.

Jalankan web browser, akses ke alamat htttp://www.domain-baru-anda.com/cpanel.
Masukkan username dan password ke kolom yang tersedia.
Dan.... beberapa saat kemudian tergantung kecepatan ISP anda, tampilan berikut akan muncul.
(perhatikan, URL/alamat mungkin akan berubah ke http://www.domain-baru-anda.com:2082/......, angka 2082 merupakan nomor port untuk akses ke cpanel, ini bukan masalah, kita bisa melanjutkan pekerjaan selanjutnya...)



Langkah #2: Ganti Password cPanel

Setelah berhasil login ke cPanel, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengganti password anda, dan dapat dilakukan di menu/link: Preferences > Change Password. Di halaman tersebut, anda harus mengetikkan password lama, kemudian 2 (dua) kali password baru untuk verifikasi. Perhatikan, password FTP sama-dengan password cPanel, dengan mengganti password cPanel otomotis juga mengganti password FTP.




Langkah #3: Membuat Account E-Mail Baru di cPanel

Kemudian, cobalah membuat sebuah account email baru, di menu Email Management Tools > Add / Remove E-mail account(s). Di halaman berikutnya, anda bisa menentukan nama/ID email baru yang akan dibuat, dan ketikkan password (juga 2x untuk verifikasi), dan masukkan jumlah kuota mailbox (angka dalam MegaBytes/MB).



Sekarang, langkah-langkah awal anda telah disiapkan, seterusnya anda dapat mengakses isi account web hosting dan mulai membangun isi website sesuai keperluan.

Sebelum meninggalkan cPanel (logout), lihat ke bagian informasi umum untuk memeriksa data dan angka pemakaian fasilitas. Scroll ke isi halaman paling bawah, dan cek isinya.



Semua langkah awal dalam mengakses account anda telah dilakukan, silahkan logout dari cPanel, dan lanjutkan ke langkah akses lainnya.

Setelah anda berhasil mengakses cPanel, kemudian mengganti password dan membuat account email baru, kini saatnya mencoba melakukan akses ke mailbox anda, dan juga mencoba akses FTP untuk melakukan upload/download file.


Langkah #4: Akses Mailbox / E-Mail

Akses ke mailbox anda dapat dilakukan melalui program-program email, misalnya outlook express, dan lain-lain.
Untuk mengetahui cara-cara setting account baru di OE, silahkan baca di:
[Tips] Outlook Express - Cara membuat account e-mail baru.

Perhatikan bahwa anda perlu memasukkan data-data yang benar dari "Welcome Email" ke kolom-kolom setting di OE.


Langkah #5: Akses FTP

Cobalah mengakses isi account anda melalui program FTP. Melalui FTP anda dapat mengupload/download file-file, dan kadang diperlukan untuk merubah "attribute" salah-satu file saat diperlukan, misalnya membuat file menjadi "writeable", dll.

Silahkan baca mengenai akses FTP di: [FAQ] Akses via FTP - Upload/download file. FTP melalui FTP-clients dan webbrowser.


Langkah #6: Menyiapkan Website Anda

Langkah terakhir bagi anda yang baru memiliki account web hosting sendiri, adalah menyiapkan dan mengakses websitenya sendiri.

Bila anda merancang sendiri isi website, cukup upload dan akses langsung ke http://www.website-anda.com.
Bila anda tidak men-desain sendiri websitenya, cara termudah untuk membangun website adalah menggunakan aplikasi/scripts yang telah tersedia di Paket Fantastico.

Paket Fantanstico [daftar lengkap] merupakan kumpulan 50+ aplikasi/scripts populer yang terikut dalam cPanel, dan satu atau lebih scripts tersebut dapat di-install dengan mudah melalui menu cPanel > Software > Fantastico.

Untuk mengakses Fantastico, login ke cpanel, lalu klik Fantastico di bagian Software.

Di layar selanjutnya, pilih/klik nama scripts yang ingin diinstall, kemudian click New Installation untuk melanjutkan.

Dilayar berikut, ketikkan nama "directory/folder" dimana scripts akan diinstall, misalnya "blog", "forum", dll.
Perhatian, hanya masukkan nama folder-nya, jangan ada tambahkan "/". Juga perhatikan, folder ini harus folder baru, belum ada sebelumnya.

Kemudian, anda harus memasukkan nama administrator dan password untuk aplikasi/script tersebut di bagian "Admin access data".

Untuk data-data lainnya, silahkan ikuti petunjuk.

Akhirnya, klik "Install.......", dan pada halaman berikut, konfirmasikan dengan meng-klik "Finish Installation".

PERHATIAN: untuk detil cara mengelola masing-masing aplikasi tersebut, anda harus mempelajarinya sendiri dari berbagai sumber, termasuk mengunjungi website penerbit masing-masing aplikasi/script tersebut.

Selamat mengelola website anda.





Bookmark and Share


2 komentar :

Anonim mengatakan... [Reply to comment]

Exϲellent, what a weblog it is! This webѕite ρrovides helpful
facts to us, kep itt up.

My webpage; personal online loans ()

Unknown mengatakan... [Reply to comment]

replica bags nancy replica bags dubai replica bags

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com