0
Hemat Biaya saat Roaming Internasional











Ada kekhawatiran para pengguna BlackBerry akan besarnya biaya roaming penggunaan GPRS lintas negara, sehingga saat ada di luar negeri, mereka tidak mengaktifkan layanan BlackBerry. Tentunya langkah ini malah merugikan karena aneh jika pengguna BlackBerry tidak update dengan informasi penting dengan alasan menghindar dari beban biaya roaming.

Sebaliknya, selalu mengaktifkan layanan BlackBerry hampir tiap detik untuk browsing, mailing dan chatting juga tidak bijak karena akan hanya akan membebani tagihan bulanan.

Untuk menghindari kedua hal tersebut, berikut tips yang bisa diterapkan saat kita melakukan perjalanan ke luar negeri:

1. Ketika kita tiba di suatu negara namun tidak mendapatkan network roaming partner di area tersebut, segera lakukan change network secara manual atau update location network dengan cara masuk ke menu Options - Mobile Network - Network Selection Mode - Change from Automatic ke Manual - Scan Available for Network - Pilih Roaming Partner Isat - Save.

2. Matikan layanan pada saat tidak digunakan (tidur, mandi, makan malam, meeting) dengan masuk ke menu Options - Mobile Network - Data Service change from On to Off atau Off When Roaming, atau bisa juga dari Manage Connections -Mobile Network Options - Data Services set ke : Off When Roaming. Sekedar informasi, dengan mematikan layanan data service kita tetap dapat menerima Call, SMS dan MMS.

3. Jika Anda pengguna layanan BlackBerry Internet Service (BIS) dan ingin layanan data tetap aktif sementara email account yg di-push ke handheld lebih dari 1 bahkan sampai 10 email account (apalagi jika email account tersebut tergabung dalam mailing list seperti yahoogroups), maka sebaiknya email-email yg kurang penting tidak diaktifkan untuk sementara dengan cara login di blackberry webclient (misalnya www.indosat.blackberry.com) pada menu email account lalu hapus email tersebut. Setelah itu, Anda bisa menambahkan email yang dihapus tadi setelah kembali ke Indonesia.

4. Non-aktifkan semua layanan instant messaging terutama FaceBook. Aktifkan layanan tersebut hanya pada saat dibutuhkan.

5. Manfaatkan koneksi WiFi ketika Anda berada di area Free WiFi. Fasilitas ini dapat dinikmati pada handheld yg ada feature Wifi seperti 8320, 8810, 8820, 9000, 8900 dan 8220. Caranya: Manage Connections - Setup Wifi lalu ikuti langkah-langkah berikutnya.

6. Jika Anda bepergian untuk waktu yang lama, sebaiknya gunakan simcard dari operator lokal.

Sumber : Kompas.com

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com