2
BlankOn Sajadah 6.0

Walapun telat posting peluncuran BlankOn Sajadah, saya sendiri sebagai pengguna sistem operasi FOSS (Free Open Sources Software) cukup senang dengan peluncuran BlankOn Sajadah, dimana sistem operasi anak negeri perkembangannya cukup cepat, tidak kalah dengan distro linux lainnya. BlankOn Sajadah adalah salah satu racikan (varian) BlankOn Linux yang memuat berbagai perangkat lunak Islami. BlankOn sajadah sendiri mengusung tema Islami, dengan memuat perangkat lunak Islami antara lain pengingat waktu sholat, arah kiblat, Al Qur'an dan terjemah, tartil Qur'an, pembaca hadist dan Kalender Hijriyah.

Perangkat Lunak yang disertakan dalam BlnakOn sajadah mirip dengan Ubuntu Muslim Edition, tapi menurut saya sendiri sedikit berda dengan Ubuntu Muslim edition di BlankOn Sajadah sendiri mempunyai beberapa fitur khas salah satu diantaranya mendukung adanya Internet sehart di Indonesia, fitur ini ditanamkan baku dalam sistem BlankOn Sajadah sehingga konten-konten negatif yang ada di Internet dapat di filter.

Fitur
BlankOn Sajadah yang berbasiskan BlankOn 6.0 Ombilin mempunyai fitur dasar yang disertakan dalam BlankOn Ombilin edisi regular, seperti Aksara Nusantara, Chromium, Stardict dll yang ditambah dengan Fitur khas Islami seperti:

QiOO - Al Quran di OpenOffice,
Zekr - Al Qur'an terjemah dan suara tartil online,
Othman Quran dan Noor - Peramban Al Quran
Minbar - Pengingat waktu sholat,
Peramban Internet Firefox + addon penginat sholat dan webstrict,
Stellarium - aplikasi melihat tata surya / planetarium,
Dukungan penulisan huruf arab,
Penyaring konten negatif webstrict dansguardian,
DNS Nawala - DNS Penyaring domain berkonten negatif,
Hijra - Kalender Islam,
Monajat - Aplet penampil Doa-doa,
Thawab - Ensiklopedi dan penampil ebook hadis dan kitab,
Hadis-Web - Kumpulan hadis hadis Bukhori, Muslim dll

Siaran Pers Peluncuran BlankOn Sajadah 6.0

Internet, 1 Ramadhan 1431 H / 10 Agustus 2010.
Bismillaahirrohmaanirroohiim

Pada tanggal 10 Agustus 2010 Tim Pengembang BlankOn dengan mengucapkan syukur kepada Alloh a mengumumkan terbitnya BlankOn Sajadah 6.0, yaitu varian/racikan dari BlankOn Linux 6.0 Ombilin yang ditambahkan konten dan aplikasi Islami. Seperti biasa, fitur BlankOn rata-rata menggunakan teknologi terbaru Linux, termasuk kernel Linux 2.6.32 dan lingkungan desktop GNOME 2.30.2. BlankOn Sajadah didukung perangkat lunak hiburan yang siap langsung pakai tanpa memasang codec multimedia tambahan, dukungan akses Internet dengan yang sangat ringan untuk menjelajah web serta komunikasi pesan instan dan jejaring sosial, juga fitur-fitur perkantoran. Selain itu, Ombilin menyediakan fitur-fitur olah grafis vektor dan bitmap serta album foto digital, dan tentunya aplikasi Islami seperti Al Quran, Hadist, Pengingat Sholat dan Filtering Konten Negatif.

Ainul Hakim yang memimpin rilis Sajadah 6.0 ini menjelaskan: “BlankOn Sajadah 6.0 adalah versi varian BlankOn yang dibangun dengan kelengkapan konten Islami dan sebagai alat yang ingin belajar Islam lewat teknologi Komputer. Seiring dengan rilis di awal bulan Ramadhan maka BlankOn Sajadah diharapkan bisa menjadi titik tolak untuk BerHijrah kearah yang lebih baik dengan memilih Sistem Operasi yang Halal dan Barokah serta sudah ada alat bantu untuk belajar Islam dan sebagai pendukung dalam beribadah di bulan Ramadhan ini. Terlebih lagi BlankOn Sajadah telah dilengkapi dengan alat penyaring konten negatif, seperti webstrict dan dns nawala, sehingga pengguna BlankOn Sajadah bisa berinternet dengan nyaman dan sehat.

Menjadi komitmen kami, BlankOn selalu menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama yang digunakan pada antarmukanya, dan diharapkan dapat menjadi alat sosialisasi istilah-istilah bidang komputer pada Bahasa Indonesia yang selama ini dianggap aneh dan membingungkan, sekaligus melestarikan budaya Indonesia dengan menyertakan Aksara Nusantara.

Kami berharap kedepan BlakOn Sajadah bisa lebih berisi konten konten Islami yang sudah berbahasa Indonesia sehingga ummat memudahkan dalam belajar tentang Islam, tentunya ini bisa terwujud atas partisipasi Anda.

Dan kami bangga bisa menerbitkan BlankOn Sajadah ini yang juga bertepatan dengan momen hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia, sehingga dengan menggunakan BlankOn Sajadah artinya kita sudah selangkah maju dalam Kemerdekaan khususnya di bidang Teknologi Informasi."

"Bulan Ramadhan bulan yang istimewa, BlankOn Sajadah racikan istimewa untuk mendampinginya" menurut Aji Kisworo Mukti dari Jogja

Sakra Aprila salah seorang Tim dari Madiun berpesan, "Jangan kotori sucinya bulan Ramadhan dengan perangkat lunak ilegal, gunakan perangkat lunak legal dengan BlankOn Sajadah"

"alhamdulillaah. semoga para pengembang, pengguna, dan semua yang terlibat dalam ibadah sosial ini bisa tambah khusyu' mardhatillaah. Terpenting, mari niatkan proyek ini sebagai investasi yang untung berlipat dunia akhirat. Sajadah di dunia 13 inchi, Sujudkan pikiran, tubuh, dan nurani ini semata untuk melayaniNYA." pesan Gus Adhim dari Lamongan.

Catatan Rilis BankOn Sajadah

Daftar fitur terbaru dan spesifikasi dapat dilihat pada halaman Catatan Rilis di alamat catatan-rilis-sajadah.html
BlankOn Sajadah 6.0 dapat diperoleh melalui situs www.blankonlinux.or.id dan situs-situs cermin lainnya.

Kontak media
Silakan lakukan korespondensi dengan menggunakan jalur milis pada alamat: BlankOn@googlegroups.com

Dukungan Teknis
YPLI adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pengembangan software dan sumber daya manusia di bidang Linux, Free Software, dan Open Source Software (FOSS) di Indonesia. Situs Internet YPLI adalah http://www.ypli.or.id/

Catatan
BlankOn dan logo BlankOn adalah merek terdaftar YPLI. Linux adalah merek dagang terdaftar milik Linus Torvalds. Merek dagang dan hak cipta lain yang dirujuk catatan ini adalah kepunyaan masing-masing pemiliknya.

Unduh BlankOn Sajadah
Untuk bisa mendapatkan cetakan CD BlankOn sajadah silahkan melalui cermin resmi BlankOn Linux, dengan mengikuti tautan berikut: Unduh BlankOn Sajadah.

Sumber : http://sajadah.blankonlinux.or.id/

2 komentar :

Anonim mengatakan... [Reply to comment]

saya pakai linux sajadah....coba pakai modem gsm/broadband.....bs mengenali....tp begitu koneksi ke internet langsung putus...kira2 apanya ya yg ga support...yg saya coba modem huawei,dan zte

Anonim mengatakan... [Reply to comment]

Now researchers say the fibre they contain may help lower the risk of
bowel cancer. But how do you get these amazing foods into
your diet easily and without breaking the bank.
No wonder that Spirulina, has been declared by World Health Organization (WHO) as.


My website - chris ashenden weight loss

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com