2
Webserver Cluster; Linux-HA + DRBD + LAMP + Slackware 13.0

Ini adalah sekelumit tutorial yang menceritakan bagaimana mengkonfigurasikan Slackware 13.0 menjadi webserver yang High Availability.

Implementasi ini bertujuan agar webserver yang terdiri dari Apache dan MySQL mempunya tingkat availability yang tinggi, jika terjadi failure pada salah satu mesin webserver maka semua tugas webserver akan dihandle oleh mesin yang lain secara otomatis tanpa kita harus mengkonfigurasi ulang database ataupun coding ulang web scriptnya, dan yang paling penting adalah tingkat SLA (Service Level Agreement) nya akan terjamin.

Ada beberapa software/tools yang digunakan dalam implementasi ini, diantaranya: Linux-ha (Heartbeat), DRBD, MySQL, Apache.

Untuk keterangan lebih lanjut tentang tool-tool tersebut baik itu fungsi dari masing-masih software ataupun untuk mengunduh software-software tersebut bisa langsung merujuk pada websitenya masing-masing.

Linux-ha : http://linux-ha.org/
DRBD: http://www.drbd.org/
Apache : http://www.apache.org/
MySQL : http://www.mysql.com/
Slackware : http://www.slackware.com/

Linux-ha (Heartbeat)
Heartbeat is a daemon that provides cluster infrastructure (communication and membership) services to its clients. This allows clients to know about the presence (or disappearance!) of peer processes on other machines and to easily exchange messages with them.

DRBD
DRBD® refers to block devices designed as a building block to form high availability (HA) clusters. This is done by mirroring a whole block device via an assigned network. DRBD can be understood as network based raid-1.

Untuk tutorialnya bisa dilihat/diunduh pada link berikut.

Semoga Bermanfaat, Amien…!!!

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com