1
Konfigurasi Mikrotik dengan Speedy

Mengunakan VMWare Workstation
Mikrotik RouterOS adalah salah satu Distro Linux yang didesain khusus untuk fungsi Routing System. Produk Mikrotik berupa RouterBoard yang berbentuk seperti Hardware Router pada umumnya dan berupa RouterOS yang di Install ke sebuah PC.





Sebelum kita konfigurasi lebih lanjut, lakukan setting IP Address di PC kita menjadi : 192.168.1.2. IP Address Gateway-nya adalah IP Address Router Mikrotik yang akan kita buat dengan IP Address : 192.168.1.2. Sedangkan IP DNS Server kita setting dengan IP DNS Telkom Speedy yaitu : 202.134.10 / 202.134.7 / 202.134.0.155 .
Selanjutnya kita cek setting IP Address yang telah kita lakukan tersebut dari CMD -> IPCONFIG /ALL.


Selain itu seperti yang terlihat di Desain Network kita pada halaman 10, kita lakukan setting IP Address Modem ADSL kita dengan IP Address : 192.168.10.1. Lakukan setting IP Address dengan benar dan cek juga status koneksi Telkom Speedy kita Setelah status koneksi Internet Speedy sudah oke, maka kita tinggal konfigurasi Mikrotik lebih lanjut….


Pada materi Training ini, kita gunakan Metode mengunakan VMWare Workstation agar setiap peserta Training dapat memiliki, mengkonfigurasi dan mengunakan Mikrotik masing - masing. Virtual PC ini selain digunakan untuk Training juga dapat digunakan pada pemakain Mikrotik sehari - hari.

Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat sebuah Virtual PC dengan VMWare 6.5 ataupun Microsoft Virtual PC yang sudah dinyatakan Free License oleh Microsoft.
Ikuti Step by Step Wizard-nya seperti pada gambar capture ini :









Jika Real PC anda mengunakan memory 512 GB dengan OS Windows XP, maka anda dapat gunakan Memory untuk Virtual PC sebesar 64 MB atau 128 MB. Tapi jika Real PC kita mengunakan













Pada Wizard selanjutnya kita buat 1 buah Virtual Harddisk, pilihlah type harddisk “IDE”. Lalu tentukan lokasi penyimpanan harddisk tersebut.








Untuk pilihan jenis CDRom, kita bisa mengunakan Real CD yang telah disediakan ataupun mengunakan File ISO yang disimpan di harddisk local maupun di dalam CD tersebut. Selanjutnya hidupkan Virtual PC tersebut dan lakukan setting Boot Order dengan Boot from CDRom First.

Tekan “a” untuk menginstall semua package. Lalu tekan “i” untuk memulai proses install. Karena konfigurasi Router baru, jawab “n” untuk mengabaikan konfigurasi yang lama ( jika harddisk sdh ada installasi Mikrotik).
Lalu “y” to continue installation.
Selanjutnya tunggu Mikrotik melakukan proses Installasi hingga selesai.
Setelah muncul tampilan seperti di atas ini, installasi telah selesai dalam waktu yang relatif cepat lalu tekan ENTER dan keluarkan CD Installer Mikrotik.
Setelah itu akan muncul tampilan seperti di atas ini. Masukkan
Username : Admin dan kosongkan password / lansung tekan enter.

NB: Klik kanan pada gambar trus pilih open link new tab

Sekian dulu ya, nanti saya sambung lagi..............


1 komentar :

andry yudha prawira mengatakan... [Reply to comment]

berdasarkan artikel tersebut, berikut ada rujukan untuk penelitian aplikasi melalui link ini :

http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2575/1/188.pdf

terima kasih

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com