1
Installasi Mikrotik PC Router

TEKNIK INSTALLASI MIKROTIK :
Sebelum melakukan instalasi, yang perlu dilakukan adalan, Set BIOS untuk booting melalui CD Drive. Masukkan CD yang sudah dibakar ke dalam CD Drive, biasanya paket instalasi tidak lebih dari 100 Mb, serta proses instalasi tidak lebih dari satu jam, lalu booting PC.

Proses kompilasi dengan booting kernel, terlihat bahwa mikrotik merupakan distro/ turunan dari linux.
1. Setelah proses booting akan muncul menu pilihan software yg ingin di install. Install paket paket utama, lebih baiknya semua packet dengan cara menandainya (mark)pada "system".

2. Menu dimana anda dapat memilih paket mana saja yang akan diinstall. Pilihlah paket instalasi yang ingin digunakan. Sebagai contoh awal aq pilih system, ppp, dhcp, hotspot, routing, security, and web-proxy. Setelah itu tekan tombol ‘a’ (tanpa petik) untuk menginstall semua fasilitas yang terdapat pada mikrotik.
Proses ini berkaitan dengan lisensi RouterOS yang di miliki.

3. Tekan tombol “I” untuk melanjutkan instalasi. Kita akan ditanya apakah akan meneruskan dengan memformat isi hard disk (hati-hati jangan sampai salah harddisk).

Do you want to keep old configuration ? [ y/n] ketik Y
Continue ? [ y/n] ketik Y

Saat ditanya apakah akan menyimpan informasi lama, silakan dijawab tidak atau tekan tombol “N”. Proses instalasi dilanjutkan dengan pembuatan partisi dan format harddisk, harap diingat bahwa mikrotik akan mengambil semua space yang ada di harddisk. Disini kita tidak perlu membuat partisi hardisk karena secara otomatis dia akan membuat partisi sendiri. Karena itu tidak disarankan utk menginstall mikrotik pada harddisk operasional yang berisi data-data penting.

4. Tunggulah beberapa saat selama proses instalasi dilakukan. Next akan tampil pilihan seperti dibawah.


5. Tekan Enter untuk melakukan booting pertama kali RouterOS.

6. Sesaat setelah RouterOS berhasil di boot, kita akan dihadapkan pada layar seperti dibawah ini. Lakukan pengecekan sistem terhadap kemungkinan kerusakan yang terjadi, tekan tombol “Y”. Jika muncul tampilan seperti di bawah ini maka instalasi telah selesai.

7. Proses Login dan Sistem Konsol. Setelah sukses instalasi kita sudah dapat login untuk pertama kalinya seperti terlihat pada gambar dibawah ini.


8.Gunakan username admin dengan password kosong (tekan tombol Enter saja). Kita wajib menganti password dengan password-mu sendiri, gunakan perintah /password atau dapat kita atur lebih lanjut dari Winbox.

Source: xp-solution

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com