0
E-mail Undangan Nobel Prize Ditunggangi Virus

Sebuah e-mail undangan palsu ke acara Nobel Peace Price 2010 baru-baru ini beredar dan membawa virus yang bisa menginfeksi komputer siapapun yang membukanya.

Berasal dari Oslo Freedom Forum, sebuah kelompok yang tidak ada sangkut pautnya dengan panitia acara Nobel, e-mail yang sudah termasuk sebuah attachment file PDF tersebut, bisa membuat para hacker mengambil alih komputer 'korban'. Demikian laporan blog keamanan internet Contagio, Kamis (11/11/2010).

"Yang terhormat Bapak/Ibu di tempat, saya lampirkan sebuah surat dari pendiri Oslo Freedom Forum, Thor Halvorseen, mengundang anda untuk bergabung dengannya pada 11 Desember
untuk acara pemberian penghargaan. Tolong beritahu saya apabila anda memiliki pertanyaan," begitu tulis e-mail tersebut.

Seremoni pemberian Nobel Peace Prize 2010, yang dipersembahkan untuk Liu Xiaobo, aktivis HAM asal China yang sedang dipenjara oleh pemerintahnya, akan digelar di Oslo pada tanggal 10 Desember.

"Kami tidak tahu siapa yang melancarkan serangan cyber tersebut, atau siapa sasaran mereka," ujar computer security group F-Secure di website nya.

Menurut harian online Aftenposten, sementara ini Geir Lundestad, dirut dari Nobel Institute, menjadi sasaran serangan cyber melalui sebuah e-mail. E-mail tersebut dilaporkan memiliki link yang meminta Lundestad untuk mengetik nama dan password-nya, akan tetapi Lundestad curiga dan memperingatkan pihak keamanan data internet di Norwegia yang berwenang.

"Ada seseorang yang mencoba untuk menginfeksi Nobel Institute," ujar Christophe Birkeland, kepala Norwegian Computer Emergency Response Team. "Ada banyak petunjuk bahwa orang yang sama dibalik serangan ini," tambahnya.

Website Nobel Peace Prize (www.nobelpeaceprize.org) juga menjadi sasaran dari serangan cyber dua minggu yang lalu, dengan alamat IP Adress yang berasal dari National Chiao Tung University di Taiwan.

Akan tetapi, tidak mungkin juga serangan cyber tersebut berasal dari sana, karena seorang hacker biasanya menggunakan banyak komputer untuk menyembunyikan jejak mereka.

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com