0
Toyota Fortuner di "Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011"

Toyota Fortuner menjadi faktor penting dibalik suksesnya Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 lalu. Ekspedisi melintasi puluhan negara dengan jarak puluhan ribu km dari Jakarta menuju Italia itu menjadi etalase keunggulan produk dalam negeri.

Toyota-Astra Motor berpartisipasi dengan menyediakan empat unit Toyota Fortuner 2.7 liter bensin dengan sistem penggerak 4x4. Ternyata tidak banyak ubahan yang dilakukan untuk melakukan perjalanan panjang itu.

Bengkel Yanatta Auto Works di Lebak Bulus, Jakarta Selatan dipercaya mempersiapkan SUV itu. Kepada situs SL.com, Nurdianto kepala bengkel Yanatta Auto Works menjelaskan, “Ubahan yang kami lakukan sebenarnya tidak banyak, mas. Kami hanya diminta untuk membuat roof rack, Winch (katrol derek), side guard untuk bracket High Lift Jack (dongkrak untuk mengangkat mobil hingga 1 meter), dan terakhir rak besi di bagian bagasi,” jelas Nurdianto kepala bengkel Yanatta Auto Works.

“Tadinya sempat mau di pasang bull bar, tapi kita lepas lagi karena adanya larangan menggunakan bull bar di negara tertentu di Eropa. Sedangkan untuk sektor mesin dan lainnya dibiarkan tetap standar pabrik,” tambah Nurdianto sambil tersenyum ramah.

Toyota Grand New Fortuner 2.7 V A/T 4×4 berbahan bakar bensin dengan kapasitas 2700cc. Mobil ini mengusung mesin 2 TR-FE 2.7 L DOHC 16 Valve VVT-i yang tangguh dan dapat digunakan di segala medan, serta mendapat sertifikasi kelayakan uji emisi Euro-2. Pada ekspedisi ini, seluruh pelumas sistem mekanis menggunakan produk Pertamina. Termasuk pula minyak rem dan radiator coolant.

SUV ini dilengkapi power seat adjuster pada kursi pengemudi, corner and parking sensor, touch screen audio video system with Toyota navigation, serta parking camera.

“Kami bangga Toyota Grand New Fortuner dapat mengiringi perjalanan anak bangsa menapaktilas perjalanan Marcopolo. Kami berharap ekspedisi Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011 ini dapat menanamkan rasa nasionalisme dan menginspirasi seluruh elemen bangsa untuk memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa dan negara ini,” kata Presdiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan saat melepas ekspedisi ini yang bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2011.

Perjalanan ini merupakan sebuah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan menempuh jarak sejauh 27 ribu km. Tim akan melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta (diolah dari berbagai sumber)



BERIKUT BEBERAPA EKSPEDISI YANG TERJADI SELAMA PERJALANAN

Menerjang Banjir Bandang Thailand


Menerjang Banjir di Thailand


Perjalanan tim Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition di Thailand penuh warna. Negara yang dikenal dengan julukan Negeri Gajah Putih itu memiliki iklim dan kondisi geografis yang sama dengan Indonesia. Mestinya perjalanan akan lancar saja. Tapi, Oktober itu Thailand sedang tidak normal. Bangkok di terjang banjir bandang yang meluluhlantakkan kawasan itu.

Pada situasi seperti itu rombongan empat unit Toyota Fortuner itu harus melintasi Bangkok dan berhadapan dengan banjir bandang. Rupanya hujan deras yang mengguyur kawasan itu tidak mampu ditahan lagi oleh waduk sehingga jebol. Dalam situasi runyam itu, seluruh Fortuner bisa melintasi kawasan banjir dengan selamat. Tim diuntungkan dengan ground clearance Fortuner yang tinggi.

Di Thailand, empat mobil ini sempat di periksa di bengkel resmi Toyota setempat. Selain penggantian oli juga kondisi mobil setelah menempuh jarak ribuan kilometer. Hasilnya, bagus dan mobil bisa langsung meneruskan perjalanan menuju perbatasan Thailand – Laos.

Sebelumnya Tim sempat mampir di Songkla selepas dari Malaysia. Difasilitasi konsulat jendral setempat, tim bertemu media dan mempromosikan Indonesia. Fitur sistem navigasi terbukti banyak membantu perjalanan itu.

Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition merupakan sebuah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan menempuh jarak sejauh 27 ribu km. Tim melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil Toyota Fortuner 2.7 V AT 4 x 4, dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta.

Menerjang Gunung Es Asia Tengah


Menembus Gurun ES di Cina

Selepas China, setelah menempuh lebih dari 10.000km dan melewati kawasan tropis, banjir di Thailand, gurun pasir Taklimakan di Xinjiang, China, empat unit Toyota Grand Fortuner 2.7 V AT 4x4 yang mengantarkan ekspedisi Pertamina Fastron EuroAsia memasuki kawasan Asia Tengah.

Kawasan ini benar-benar tantangan bagi orang-orang dan mobil yang disiapkan untuk kawasan tropis. Di Kyrghyztan, tim harus melintasi pegunungan batu bersalju dengan kontur jalan berliku dan naik turun. Ditambah lagi dengan suhu udara dingin rata-rata 1 derajad celcius. Bahkan kadang-kadang dibawah nol.

Berkendara selama lebih dari 22 jam dari Kota Kashgar, Cina menuju ibu kota Kyrgyzstan, Bishkek, tim merasakan suhu minus 10 derajat celcius dan berkendara hampir 100 km di jalan yang beralaskan salju tebal dan gunung yang diselimuti salju, seperti yang diceritakan tim lewat situs Pertaminaracing.com.

Kondisi ekstrim itu praktis harus dihadapi tim dan Fortuner sepanjang perjalanan melintasi kawasan Asia Tengah hingga Iran. Kawasan dataran tinggi yang kering, berbukit-bukit dan keras. Rute yang dilewati sampai ketinggi 3900dpl (dari permukaan laut). Sebagai pembanding, gunung Semeru yang tertinggi di Jawa, puncaknya hanya 3676m. Tantangan yang keras, karena bukan suhu yang turun hingga dibawah nol derajat celcius tapi juga oksigen yang makin tipis di dataran tinggi.

Namun sejauh itu, Fortuner tetap tangguh dan tidak mengalami hambatan apapupun. Salah satu kuncinya adalah teknologi VVT-I yang didukung sensor oksigen. Sistem ini mampu mendeteksi jumlah oksigen yang masuk ke ruang bakar. Dengan tahu jumlah oksigen yang masuk, system bisa menakar kebutuh oksigen yang diperlukan. Katup masuk ke ruang bakar juga bisa di kendalikan lama bukaannya disesuaikan dengan kondisi medan dan beban mobil. Dengan demikian mesin selalu bisa memproduksi tenaga yang dibutuhkan sesuai kebutuhan.

Di Iran, empat unit Fortuner ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi melewati highway yang melintasi negeri para Mullah itu menuju Turki, pintu gerbang Eropa.


Berikut ada video saat acara Pelepasan Toyota Fortuner di "Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition 2011"


Pertamina Fastron Euroasia Yepe Expedition merupakan sebuah ekspedisi lintas benua Asia dan Eropa yang akan menempuh jarak sejauh 27 ribu km. Tim melintasi 23 negara dan sekitar 60 kota. Tim ekspedisi yang berisi 16 orang yang mengendarai empat mobil Toyota Fortuner 2.7 V AT 4 x 4, dilepas dari Gedung Pertamina Jakarta.(di olah dari berbagai sumber)

sumber : http://www.toyota.astra.co.id

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com