0
Inilah 5 Tempat paling dingin di dunia

Percaya atau tidak, manusia selalu bisa beradaptasi dengan cuaca seekstrem apa pun. Bahkan meski suhu di tempat tersebut bisa mencapai minus belasan derajat, masih saja ada manusia yang bisa hidup di daerah tersebut. Nah, berikut adalah lima tempat paling dingin di dunia. Yuk simak bersama!








1. Verkhoyansk, Rusia

Menurut sensus 2002, Verkhoyansk di Rusia memiliki sekitar 1.434 penduduk. Wilayah ini didirikan sebagai benteng pada tahun 1638 dan berfungsi sebagai pusat regional untuk peternakan, timah dan emas. Terletak 404 km dari Yakutsk, Verkhoyansk berada 1.500 km di sebelah selatan Kutub Utara.? Verkhoyansk digunakan untuk rumah pengasingan politik antara tahun 1860-an dan awal abad 20. Pada bulan Januari suhu rata-rata di Verkhoyansk mencapai minus 10,2 derajat C dan rata-rata suhu bulanan tetap di bawah titik beku dari Oktober hingga April.


2. Stasiun Vostok, Antartika

Terletak dekat Geomagnetik Kutub Selatan dan pada ketinggian 3.500 meter di atas permukaan laut, stasiun penelitian Rusia di Vostok pernah mencatat suhu terdingin hingga -89,2 derajat C. Salah satu daya tarik dari Vostok adalah Danau Vostok. Ini adalah salah satu danau terbesar di dunia yang terkubur 4 km di bawah es.


3. Eureka, Kanada

Basis penelitian Eureka di Kanada sering disebut sebagai tempat terdingin di dunia yang dihuni manusia. Rata-rata suhu udara tahunan di tempat ini mencapai sekitar -20 derajat C. Di musim dingin turun menjadi sekitar -40 derajat C.


4. Oymyakon, Rusia

Di Republik Yakutia, sekitar 350 km di selatan Lingkaran Arktik, Desa Oymyakon memiliki suhu mencapai -71,2 derajat C pada tahun 1926, suhu udara terdingin yang pernah tercatat di belahan bumi utara. Untuk memperingati itu, sebuah papan peringatan pun didirikan di Oymyakon, Rusia.


5. Ulaanbaatar, Mongolia

Berlokasi di padang Mongolia, sekitar 1.300 meter di atas permukaan laut, Ulaanbaatar sering digambarkan sebagai tempat terdingin di dunia. Pada bulan Januari, suhu udara mencapai -16 derajat C. Ulaanbaatar sendiri adalah ibukota dan kota terbesar di Mongolia.







Inilah lima tempat terdingin di bumi yang memiliki suhu rata-rata di bawah 10 derajat Celcius. Jika saya disuruh memilih, mungkin saya akan pilih no 5 karna masih ada hijaunya hehe.


 source: merdeka.com

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com