0
10 Akuarium Terbesar di Dunia

Akuarium adalah sebuah vivarium biasanya ditempatkan di sebuah tempat dengan sisi yang transparan (dari gelas atau plastik berkekuatan tinggi), di dalamnya satwa dan tumbuhan air (biasanya ikan, namun dapat juga ditemukan invertebrata, amfibi, mamalia laut dan reptil) ditampung, dan digunakan untuk display publik.


Akuarium juga dapat merujuk tempat di mana apa yang telah dijelaskan di atas dibangun (museum ikan). Memelihara ikan di dalam akuarium adalah hobi yang cukup populer. Namun jika akuarium raksasa di ciptakan, tentu isinya bukan lagi ikan yang kecil-kecil melainkan raksasa ikan dgn berbagai habitat lainnya.


10. Aquarium of Western Australia (0,8 million gallons)

Terletak di pinggiran pantai Perth, Aquarium of Western Australia, atau AQWA singkatnya, berisi tangki akuarium terbesar di Australia.   Akuarium tangki utama adalah 40 meter (130 kaki) dan 20 meter (66 kaki) lebar 3.000.000 liter (793.000 galon) air laut.   Ini menggabungkan 98 meter (322 kaki) terowongan bawah air. perenang snorkel dan penyelam bisa lebih dekat dengan ikan, hiu,  pari dll.


9. Aquarium of Genoa (< 1 million gallons)

Dibangun untuk Expo 92, Aquarium of Genoa di Italia adalah salah satu akuarium terbesar di Eropa. Akuarium 70 tangki  mereproduksi habitat laut dan darat dari seluruh dunia dan menyediakan rumah bagi lebih dari 6000 hewan. Beberapa tangki mereproduksi lingkungan alam dari daerah yang berbeda sebagai Mediterania, Laut Merah dan Samudra Hindia.



8. Shanghai Ocean Aquarium (< 1 million gallons)

The Shanghai, Ocean Aquarium adalah salah satu akuarium terbesar di Asia. Hal ini terdiri dari 9 zona pameran di seluruh dunia, termasuk Zona Cina, Zona Antartika dan Zona Australia. Cina Zone adalah rumah bagi beberapa spesies air Cina terancam punah, termasuk spesies langka dan berharga dari Sungai Yangtze. Daya tarik terbesar dari akuarium adalah terowongan bawah air. Pada 155 meter (509 kaki) itu adalah terowongan bawah air terpanjang di dunia.



7. uShaka Marine World (< 1 million gallons)

The uShaka Marine World adalah sebuah taman hiburan yang terletak di Durban, Afrika Selatan. Ini berisi akuarium terbesar di Afrika membual 32 tank. Makhluk-makhluk laut yang ditemukan dalam rentang akuarium dari kuda laut kecil semua jalan sampai hiu dan lumba-lumba. Aquarium dibangun untuk terlihat seperti kecelakaan tua dan berisi sejumlah restoran dan kafe. Yang paling menonjol dari restoran ini adalah "The Cargo Hold" restoran yang berisi dinding akuarium berukuran penuh berisi sejumlah hiu yang terlihat dari sebagian besar ruang makan.



6. Monterey Bay Aquarium (1,2 million gallons)

Monterey Bay Aquarium terletak di lokasi bekas pabrik pengalengan sarden di Cannery Row di Monterey, California. Di antara berbagai pameran akuarium adalah dua tank raksasa. Inti dari Battie Wing adalah 10 meter (33 kaki) tinggi 1,3 juta liter (0,33 juta galon) tangki untuk melihat kehidupan laut pesisir California. Yang lainnya adalah 4,5 juta liter (1,2 juta galon) tangki di Teluk Wing Outer yang menampilkan salah satu jendela tunggal paned terbesar di dunia. Sealife di pameran termasuk ikan pari,
ubur-ubur, berang-berang laut, dan berbagai spesies laut asli lainnya, yang dapat dilihat di atas dan di bawah permukaan air.



5. Turkuazoo (1,32 million gallons)

Dibuka pada tahun 2009, Turkuazoo adalah aquarium raksasa pertama Turki menampilkan hutan hujan, hutan banjir dan laut zona tropis. Akuarium ini terletak di dalam Forum Istanbul Shopping Mall dan berisi 80 meter terowongan bawah air panjang. Turkuazoo memegang sekitar 10.000 makhluk laut termasuk hiu macan, ikan pari raksasa dan piranha di 29 pameran yang berbeda dimana yang terbesar memiliki 5 juta liter (1,32 juta galon) air



4. L'Oceanografic (1,85 million gallons)

L'Oceanogràfic adalah kompleks laut di mana banyak habitat laut yang banyak berbeda. Hal ini terintegrasi di dalam sebuah kompleks yang dikenal sebagai Kota Seni dan Ilmu Pengetahuan
di dalam kota Valencia, Spanyol. Oceanogràfic ini memiliki tangki akuarium terbesar di Eropa dan rumah lebih dari 45.000 hewan laut. Mereka mengisi sembilan di bawah menara air, terstruktur pada dua tingkatan yang mewakili beberapa ekosistem laut. Dua menara air bergabung dengan 35 meter terowongan bawah air dan tangki itu diisi dengan hiu, pari dan 7 juta liter (1,85 juta galon) air



3. Okinawa Churaumi Aquarium (1,98 million gallons)

Okinawa Churaumi Aquarium terletak di Samudra Expo Park di Jepang dan dibuka pada tahun 2002. Tangki utama akuarium, disebut Laut Kuroshio, memegang 7,5 juta liter (1.981.000 galon) air dan fitur sebuah panel kaca akrilik berukuran 8,2 sebesar 22,5 meter (27 kaki oleh 74) dengan ketebalan 60 cm (24 inci ), panel tersebut terbesar di dunia ketika akuarium dibuka. Hiu paus dan pari manta disimpan bersama banyak spesies ikan lainnya di Laut Kuroshio. Pada Juli 2010, telah ada total empat pari manta lahir di akuarium.



2. Dubai Mall Aquarium (2,64 million gallons)

The Dubai Mall, salah satu pusat perbelanjaan terbesar di dunia di dunia, merupakan bagian dari 20 miliar dolar Burj Dubai di Dubai kompleks. Inti dari mall tersebut adalah tangki akuarium raksasa, dengan kapasitas untuk menahan 10 juta liter (2,64 juta galon) air. Akuarium memiliki lebih dari 33.000 hewan hidup termasuk lebih dari 400 hiu dan pari digabungkan. Ini resmi meraih Guinness World Record untuk "Acrylic Panel Terbesar" di dunia. Panel berukuran 8.3 dengan 32.88 meter (27 dengan 108 kaki) dan 75 cm (30 inci) tebal mengalahkan Okinawa Churaumi Aquarium Jepang untuk punch. Pada bulan Februari 2010, tangki diisi hiu melompat kebocoran menyebabkan evakuasi dan shutdown
singkat mal.



1. Georgia Aquarium (6,3 million gallons)

Georgia Aquarium di Atlanta adalah akuarium terbesar di perumahan lebih dari 100.000 makhluk laut dunia. Sebagian besar didanai oleh donasi $ 250.000.000 dari Home Depot pendiri Bernie Marcus, akuarium dibuka pada November 2005. Georgia Aquarium adalah satu-satunya institusi di luar Asia ke rumah hiu paus. Hiu disimpan dalam raksasa 24 juta liter (6,3 juta galon) tangki di Samudera Voyager pameran. Ada kontroversi seputar keputusan Aquarium Georgia ke rumah hiu paus. Kekhawatiran tentang menjaga hiu paus di penangkaran bertambah dengan kematian dua dari hiu paus awalnya diperoleh.





 sumber kaskus

0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com