0
PhpBB

.
phpBB merupakan paket forum internet yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP. Nama "phpBB" merupakan singkatan dari PHP Bulletin Board dan tersedia dalam GNU General Public Licence sehingga didistribusikan sebagai freeware.


Sejarah

phpBB dibuat oleh James Atkinson sebagai forum yang mirip UBB yang digunakan di situs web-nya pada 17 Juni 2000. Nathan Codding dan John Abela (sekarang merupakan anggota tim resmi) bergabung dalam pengembangan setelah proyek ini dipindahkan ke SourceForge, dan pengerjaan versi 1.0.0 pun dimulai. phpBB yang berfungsi secara penuh untuk diuji coba dirilis pada tanggal 1 Juli 2000.

phpBB 1.0.0 dirilis pada 9 Desember 2000. Rilis terakhir dari versi 1.x adalah phpBB 1.4.4, yang dirilis pada tanggal 6 November 2001.

phpBB 2.0.x mulai dikembangkan pada tanggal 17 Februari 2001. phpBB versi 2.0.0 dirilis pada 4 April 2002. Walaupun pada rilis pertama hanya mendukung PHP 3, saat ini phpBB versi 2.0 memerlukan PHP 4.0.3 atau lebih. Rilis terakhir untuk versi 2.0.x adalah versi 2.0.22 dirilis pada 23 Desember 2006. Rilis untuk versi 2.0.x saat ini hanya terbatas untuk bugs, gangguan dan perbaikan keamanan.

Rilis terakhir untuk versi 3.x adalah 3.0 RC2 yang dirilis pada 24 Juni 2007. Saat ini, rilis terakhir phpBB 3.0 memerlukan PHP 4.3.3 atau lebih, dan kompatibel dengan PHP 5.
[sunting] Pengembangan Ke Depan

Dengan dasar kode 2.0.x telah dalam tahap stabil, tim pengembang yang dipimpin oleh Meik Sievertsen telah memulai mengembangkan dan mengubah kode dasar tersebut untuk memproduksi "Olympus", yang bila telah mencapai kualitas produksi yang memadai akan dirilis sebagai versi 3.0.0. Perbaikan dalam "Olympus" saat ini sebanding dengan perbaikan antara 1.4.x dan 2.0.x. Sebelumnya direncanakan untuk dirilis sebagai 2.2.0, akan tetapi sejak 2.1.x dihilangkan secara virual terhadap kompabilitas dengan versi 2.0.x, maka nomor versi diubah menjadi 3.0.0 disesuaikan dengan versi kernel Linux.

Pada tanggal 19 Maret 2006, tim pengembang membuka penjejak masalah untuk versi CVS dan beta pertama dirilis beberapa bulan kemudian. Perkembangan versi untuk 3.0.0 adalah:

3.0.0 Beta dirilis pada 17 Juni 2006.
3.0.0 Beta 2 dirilis pada 12 Agustus 2006 dengan perbaikan bugs pada Beta 1.
3.0.0 Beta 3 dirilis pada 12 November 2006 dengan dukungan UTF-8 dan perbaikan bugs pada Beta 2.
3.0.0 Beta 4 dirilis pada 27 November 2006 dengan perbaikan 100 bugs setelah rilis Beta 3.
3.0.0 Beta 5 dirilis pada 28 Januari 2007 merupakan rilis Beta terakhir sebelum Release Candidate.
3.0.0 Release Candidate 1 dirilis pada 20 Mei 2007 merupakan kandidat rilis pertama dari phpBB.
3.0.0 Release Candidate 2 dirilis pada 24 Juni 2007 dengan perbaikan beberapa bugs dan penambahan beberapa fitur baru.

Setelah kerusakan server dalam waktu yang lama, pada tanggal 18 Maret 2007 tim phpBB merilis situs web baru mereka. Situs baru ini memperkenalkan desain baru yang didasarkan tema "prosilver" karya salah seorang anggota tim Tom Beddard, dan forum komunitas utama berjalan dalam versi 3.x untuk pertama kalinya. Tema baru ini merupakan bagian dari rencana CVS phpBB dan telah dipertunjukkan di forum area51.
[sunting] Fitur

Beberapa fitur phpBB adalah :

Sebuah sistem templat untuk mempermudah modifikasi.
Mendukung internasionalisasi, dengan 64 terjemahan bahasa tersedia pada tahun 2006.
Kompatibel dengan bermacam-macam sistem manajemen database diantaranya MySQL, PostgreSQL, Microsoft SQL Server, Microsoft Access dan dengan sedikit modifikasi untuk Oracle.
Komunitas yang besar yang menyediakan dukungan dan kustomisasi secara gratis.

[sunting] MOD

MOD adalah modifikasi kode untuk phpBB yang dibuat oleh komunitas phpBB. Huruf kapital digunakan untuk membedakan modifikasi dengan moderator forum. Tim MOD phpBB menerima hasil modifikasi dari komunitas untuk divalidasi, dan modifikasi yang memenuhi standar Tim MOD akan disediakan untuk didownload dari PHP MOD Database. Situs lain juga menyediakan modifikasi, baik yang divalidasi menurut standar mereka maupun tidak, sehingga tim phpBB tidak memberikan dukungan kepada forum yang menggunakan MOD dari situs lain selain phpBB.com.
[sunting] Keamanan

Pada Desember 2004, sejumlah besar halaman web di deface oleh worm Santy, memanfaatkan celah keamanan phpBB untuk menulis kembali script PHP dan HTML.

Karena hal ini, keamanan di phpBB diragukan. Akan tetapi phpBB Group dapat menanggapi laporan keamanan dengan cepat dan segera merilis versi yang baru. Banyak hal yang telah diubah untuk menghindari masalah yang akan datang. Salah satunya adalah otentikasi ulang pada panel administrator (diperkenalkan setelah verifikasi cookie dapat menyebabkan penyerang mendapat hak akses administrator), sebuah konfirmasi visual (CAPTCHA) untuk menghindari dari registrasi otomatis oleh bot, serta substitusi kode yang menyebabkan masalah keamanan pada versi 2.0.10 sampai 2.0.15. Agar tetap aman, administrator diharapkan segera memperbaharui dengan versi yang paling akhir secepatnya. Sistem CAPTCHA terbukti tetap dapat dilewati oleh bot dengan terjadinya kasus spam pada beberapa forum phpBB dengan menggunakan bot.

Pada 20 November 2005, phpBB Group mengumumkan pembentukan Tim Investigasi Insiden, sub bagian dari Tim Pendukung, yang bertanggung jawab untuk membantu pengguna dalam menangani dan memperbaiki serta menyelidiki laporan lubang-lubang keamanan yang ada. Tim mengumumkan sebuah penjejak pada bulan Januari berikutnya di mana administrator dari bulletin board yang diserang dapat melaporkan serangan dan mendapat dukungan dari Tim Investigasi Insiden ini.

Source : WIkipedia

Bookmark and Share


0 komentar :

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar anda disini...

 
Ujie Caprone | © 2011 Blogger Template by Ujiecaprone.com